Program Proposal Sarjana Membangun Desa 2010

Untuk mengejar program P2SDS 2014 Departemen Pertanian Ditjen Peternakan melakukan kegiatan Sarjana Membangun Desa ( SMD). Adapun persiapan Program tersebut di tahun 2010 direncanakan memerlukan 1000 Sarjana Membangun Desa di seluruh Provinsi di Indonesia.

Sarjana Membangun Desa adalah Seorang sarjana yang mendampingi kelompok peternak di desa dan sarjana bertindak sebagai anggota serta membantu ketua kelompok dalam menjalankan kegiatan beternak.

Tugas sarjana ini antara lain untuk memajukan peternak dan kelompok dalam menghadapi berbagai kendala guna membangun kelompok Agribisnis Peternakan yang lebih maju dan berwawasan lebih luas yang diharapkan pada akhirnya dapat mengakses permodalan dari sumber dana perbankan dalam mengembangkan kelompok Peternak tersebut. Sebagai contoh kegiatan SMD tahun 2009 meliputi beberapa komoditi ternak sebagai berikut :

1. Komoditi Kelompok Ternak Sapi Potong (300 juta)

2. Komoditi Kelompok Ternak Sapi Perah (300 juta)

3. Komoditi Kelompok Ternak Unggas Lokal (80 juta)

4. Komoditi Kelompok Ternak Domba-Kambing (150 juta)

5. Komoditi Kelompok Ternak Kelinci (50 juta)

Persyaratan Umum untuk menjadi Sarjana Membangun Desa meliputi :

1. Sarjana Peternakan yang mau membuat kontrak 3 – 5 tahun untuk mendampingi kelompok di lapangan dengan syarat berdomisili disekitar kelompok binaan di desa tersebut.

2. Sarjana Peternakan/Sarjana yang bergerak dan sudah berusaha dan berbudidaya di bidang Peternakan di kelompok pada Pedesaan yang potensial untuk dikembangkan.

3. Seorang SMD yang mempunyai Jiwa Enterpreneurship dan Leadeship

4. Diutamakan berasal dari desa/daerah kelompok tersebut berdomisili

5. Diutamakan sudah memiliki kelompok binaan

6. Bersedia mengikuti pelatihan

7. Bersedia tinggal di desa kelompok binaan berada

8. Menyukai tantangan dan memiliki motivasi tinggi sebagai peternak

9. Memiliki pengalaman berorganisasi

10.Diutamakan berpengalamam sebagai pendamping peternak, mempunyai pengalaman penelitian/Pratek Kerja Lapang atau usaha dalam bidang peternakan.

Syarat Sarjana Pendamping untuk menjadi Sarjana Membangun Desa meliputi :

1. Sarjana menyampaikan lamaran (surat lamaran, pas foto, biodata, ijazah dan transkrip) ditujukan kepada Dekan Fakultas Peternakan perguruan tinggi setempat..IPK tidak diperhitungkan….

2. Membuat Rencana Pengembangan Usaha Ternak untuk salah satu komoditi yang diminati (Sapi Potong, Sapi Perah, Domba-Kambing, Unggas lokal & Kelinci).

3. Bersedia melakukan kontrak selama 3 – 5 tahun.

Hak Sarjana Pendamping Sarjana Membangun Desa meliputi :

1. Mendapatkan Honor perbulan selama 1 tahun, 1,5 juta/bulan.

2. Akan mendapatkan ternak

3. Akan menjadi anggota kelompok

Waktu pendaftaran :

Penyerahan Surat Lamaran paling lambat Maret 2010

Tahapan Rekruitmen :

1. Tahap I, Seleksi Dokumen (melalui Perguruan Tinggi)

2. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I

3. Tahap II, Seleksi Tertulis (Team Perguruan Tinggi, Ditjen Peternakan dan Dinas Peternakan Provinsi).

4. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II

5. Tahap III, Seleksi Wawancara (Team Perguruan Tinggi, Ditjen Peternakan dan Dinas Peternakan Provinsi).

6. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap III.

7. Tahap IV, Seleksi Penijauan Lokasi Kelompok Binaan Calon Sarjana Membangun Desa yang diusulkan.

8. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap IV

9. Pembekalan Sarjana Membangun Desa (Workshop & Pelatihan).

hubungi perguruan tinggi masing-masing daerah/fakultas petrnakan.

Sumber WEb UNPAD 2009

40 thoughts on “Program Proposal Sarjana Membangun Desa 2010

  1. kapan tuh smd 2010 dimulai kok gak jelas sampai saat ini infonya!!! gak jelas perguruan tinggi yg menangani mulainya batas akhirnya. halo dinas peternakan jatim kok diam aja umumkan dong!!!

  2. hampir semua perguruan tinggi sudah mulai buka, jika belum ada tanyakan ke dekan fakultas/ wakil dekan bidang kemahasiswaan di masing2 provinsi

  3. bagai mana caranya agar program tersebut bisa turun di desa kami, karena di desa kami banyak sekali koptan yang bergerak di bidang peternakan sapi, khususnya koptan kami anggotanya 100% adalah peternak.

  4. bagaimana pengajuan untuk SMD 2010, katanya sekarang ada batasan tahun kelulusan calon SMD (maks 10th) dari kelulusan apa betul tolong minta penjelasanya, karena batas akhir pendaftaran tinggal beberapa hari lg, tks.

    jawaban

    setau saya tidak ada batasan pak

  5. saya sudah menanyakan program ini ke Dinas Peternakan Kabupaten Magetan, Universitas Islam Kadiri dan Unmuh Malang, yang dulu menjadi mitra pemerintah, namun mereka kok tidak tahu ya…apakah pelaksanaannya memang tidak sama antara jawa Barat dengan jawa timur

  6. Hallo Esty Widyastuti

    salam kenal…kalau boleh tahu apakah Esty Widyastuti ini sarjana peternakan, dan sekarang domisilinya dimana..karena kebetulan kami susah mencari sarjana peternakan untuk persyaratan ini. kami adalah kelompok ternak yang ingin didampingi..dan kami siap untuk menerima bimbingan

    semoga diterima dengan baik, dan salam

    gamar

  7. mau tanya nich……….
    1. apakah ada program baru / peluang bagi selain sarjana..?
    2. progaram ternak on-line ini murni Hibah atau investasi ?

  8. Desa Saya dekat hutan rata rata penduduknya petani, yang mempunyai ternak baik itu sapi maupun kambing tidak seorang pun teman saya yang sarjana peternakan.
    Apakah boleh kami mengajukan proposal biar mendapat program sarjana masuk desa dari Dinas Peternakan terima kasih tanggapannya.

  9. saya mau tanya?
    1. untuk bulan july – agustus ada lagi apa nggak pendaftarannya?
    2. apakah ini hanya diperuntukan untuk sarjana peternakan saja? kebetulan saya adalah sarjana kesehatan masyarakat . . .

    mohon di jawab . . . ! ! !

  10. saya mau tanya?
    1. untuk bulan july – agustus 2010 ada lagi apa nggak pendaftarannya?
    2. apakah ini hanya diperuntukan untuk sarjana peternakan saja? kebetulan saya adalah sarjana kesehatan masyarakat . . .

    mohon di jawab . . . ! ! !

  11. Ass.wr/wb
    Saya dari Sumut. Mohon info tentang SMD, sudah sampai sejauh mana proses perekrutan SMD tahun 2010. Kok lama banget proses rekrutmen. Kapan lagi seleksinya. Tahun 2010 udah lewat 1 semester. Kapan lagi programnya dijalankan, tapi tujuannya mau swasembada daging tahun 2014. mana mungkin pak tercapai kalo proses birokrasinya repot dan lama banget. Mohon info mengenai rencana agenda kegiatan seleksi SMD di publikasikan sejelas-jelasnya. Terima kasih.

  12. kira- kira masih ada tidak SMD tahun 2010 ini,, kenapa sampe sekarang sudah hampir bulan agustus belum ada kejelasan kapan dilakukannya proses rekruitmen…

  13. tahun 2010 sy sdh masukan proposalku tp belum ada info trima apa tidaknya klo bisa di umumkn donk atau di konfirmasikn apa teman2 yg mendaftar biar ada kejelasann,

    by. yana sultra

  14. saya sudah cek lagi pada bulan ini, tapi kok gak ada informasi yang jelas….gimana nee…kan udah disiarkan di TV…..

    • saya dapat info dari pejabat deptan….nama SMD akan dirubah menjadi PMD….dan diperluas tidak hanya peternakan saja akan tetapi disektor pertanian yang lain….dan rekruitmentnya setelah lebaran…..

  15. Sangat berterima kasih sekali informasi ini, apakah dengan perubahan nama dari SMD menjadi PMD (ini opo yo singkatannya) berarti juga sarjana pendampingnya berubah menjadi lebih terbuka dan bukan hanya sarjana peternakan saja yang bisa masuk…terima kasih balasannya semoga dapat berpartisipasi

  16. Akan dimualai kapan program SMD ini? dari recruitment bulan maret sampai pembekalan dan akhirnya pelepasan menjadi SDM butuh waktu berapa lama?….ko sampai sekarang tidak ada kejalasannya

  17. hallo program smd, mau tanya bagaimana dengan sarjana yang selain dari sarjana peternakan, apakah ada program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang bisa dilakukan oleh selain sarjana peternakan, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s