Bagaimana Memulai Usaha Sapi Kambing dan Domba ?

beternak sapiSecara umum memulai usaha dibidang peternakan boleh dibilang gampang-gampang susah. Bisnis peternakan termasuk padat modal, butuh perhatian yang lebih, dan juga pengalaman dan keahlian yang matang. Akan tetapi bagi anda yang masih pemula, tak perlu ragu untuk memulai usaha ini. Tips yang paling mudah adalah bertanya kepada pelaku usaha yang sudah berpengalaman.

Sedikit berbagi, saya mengkategorikan usaha dipeternakan dibagi dalam tiga kategori

1. Penggemukan.

2. Pembibitan.

3. Pembesar Pedet/Anakan.

Nah, bagi pemula cocok untuk usaha pembesaran anakan dan pembibitan/indukan.

Lalu hal apa sajakah yang harus diperhatikan bagi pemula….?

next….bersambung

9 thoughts on “Bagaimana Memulai Usaha Sapi Kambing dan Domba ?

  1. saya karyawan bank saat ini, saya ingin sekali belajar usaha sapi ini..apa yang sebaiknya saya lakukan terlebih dahulu.mohon sarannya.terimakasih

  2. Saya sangat tertarik untuk memulai usaha pengemukan sapi baik itu dari jenis simmental, bragus dan limousin. Mohon informasi awal apa saja yang harus saya laksanakan dalam usaha ini seperti denah kandang, cuaca, pemeliharaan sapi, penanganan pakan, cara memilih sapi yg baik, marketing bahkan sampai pengolahan limbah dari ternak sapi tersebut (seperti Biogas, pupuk kandang dll). Besar bagi saya ada dari kawan2 yang bisa memberikan informasi yg saya butuhkan. Bisa kirimkan ke email saya. andyka_atmaja@yahoo.com

  3. pak, umur brp kambing untuk penggemukan? dan brp harga kambing boerawa untuk penggemukan? saya ingin memulai usaha penggemukan kambing boerawa. tolong jelaskan analisa usahanya? terimakasih

    maaf kambing boerawa kami tidak memiliki…

Tinggalkan komentar