Lowongan Sarjana Membangun Desa SMD 2010

sarjana membangun desa smd

Ayo Ikut SMD🙂

Departemen Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan melakukan kegiatan Sarjana Membangun Desa (SMD), dalam mendukung Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) 2014. Adapun persiapan kegiatan tersebut di tahun 2010 direncanakan memerlukan sekitar 700 Sarjana Membangun Desa di seluruh Provinsi di Indonesia.

Sarjana Membangun Desa adalah Seorang Sarjana yang mengembangkan usaha bersama dengan kelompok peternak di desa. Sarjana selain sebagai anggota, bertindak sebagai manajer membantu ketua kelompok dalam menjalankan kegiatan usahan peternakan. Tugas sarjana ini antara lain untuk memajukan peternak dan kelompok dalam menghadapi berbagai kendala guna membangun kelompok Agribisnis Peternakan yang lebih maju dan berwawasan lebih luas yang diharapkan pada akhirnya dapat mengakses permodalan dari sumber dana perbankan dalam mengembangkan usaha Kelompok Peternak tersebut.

Kegiatan SMD tahun 2010 meliputi beberapa komoditi ternak sebagai berikut :

1. Komoditi Kelompok Ternak Sapi Potong.

2. Komoditi Kelompok Ternak Sapi Perah.

3. Komoditi Kelompok Ternak Unggas Lokal.

4. Komoditi Kelompok Ternak Domba-Kambing.

5. Komoditi Kelompok Ternak Kelinci.

Persyaratan Umum untuk menjadi Sarjana Membangun Desa tahun 2010 tersebut meliputi :

1. Kelompok menugaskan Sarjana Peternakan, Dokter Hewan dan D3 membantu membuat proposal Pengembangkan usaha untuk dimana SMD menjadi menejer dan membuat kontrak 3 tahun untuk berusaha bersama dikelompok di lapangan dengan syarat bersedia berdomisili disekitar kelompok binaan di desa tersebut.

2. Proposal Pengembangan Usaha Kelompok yang dibuat harus diketahui oleh Dinas Peternakan atau Dinas yang bertanggung jawab dalam Fungsi/Bidang Peternakan Kabupaten/Kota,

3. Sarjana Peternakan, Dokter Hewan dan D3 yang bergerak dan sudah berusaha dan berbudidaya di bidang Peternakan di kelompok pada Pedesaan yang potensial untuk dikembangkan.

4. Seorang SMD yang mempunyai Jiwa Enterpreneurship dan Leadeship

5. Berasal dari desa/daerah kelompok tersebut berdomisili

6. Sudah menjadi anggota bagian pada kelompok binaan

7. Bersedia mengikuti pelatihan

8. Bersedia tinggal di desa kelompok binaan berada

9. Menyukai tantangan dan memiliki motivasi tinggi sebagai peternak

10. Memiliki pengalaman berorganisasi

11.Berpengalamam sebagai pendamping peternak, mempunyai pengalaman penelitian/Pratek Kerja Lapang atau usaha dalam bidang peternakan.

Syarat Sarjana untuk menjadi Sarjana Membangun Desa tahun 2010 tersebut

meliputi :

1. Sarjana menyampaikan lamaran (surat lamaran, pas foto, biodata, ijazah dan transkrip) ditujukan kepada Dekan Fakultas Peternakan perguruan tinggi setempat.

2. Membuat Rencana Pengembangan Usaha Ternak serta Analisa Usaha untuk salah satu komoditi yang diminati (Sapi Potong, Sapi Perah, Domba-Kambing,Unggas lokal dan Kelinci).

3. Bersedia melakukan kontrak selama 3 tahun.

Kelompok akan mendapat Dana Bantuan Modal Usaha sesuai komoditi

Hak Sarjana Menjadi Manajer Usaha Kelompok dalam program Sarjana

Membangun Desa tahun 2010 tersebut meliputi :

1. Mendapatkan Honor perbulan selama 1 tahun (tergantung Komoditi ternaknya),

tahun kedua dari usaha ternaknya.

2. Akan mendapatkan ternak (bagian dari sebagai anggota kelompok)

Waktu pendaftaran :

Penyerahan Surat Lamaran mulai bulan Febuari 2010

Tahapan Rekruitmen :

1. Tahap I, Seleksi Dokumen (melalui Perguruan Tinggi)

2. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I

3. Tahap II, Seleksi Tertulis (Team Perguruan Tinggi, Ditjen Peternakan dan Dinas

Peternakan Provinsi).

4. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II

5. Tahap III, Seleksi Wawancara (Team Perguruan Tinggi, Ditjen Peternakan dan Dinas

Peternakan Provinsi).

6. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap III.

7. Tahap IV, Seleksi Penijauan Lokasi Kelompok Binaan Calon Sarjana Membangun

Desa yang diusulkan.

8. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap IV (SK Dirjen Peternakan)

9. Pembekalan Sarjana Membangun Desa (Workshop & Pelatihan)

Penyerahan Lamaran melalui :

PERGURUAN TINGGI SETEMPAT

31 thoughts on “Lowongan Sarjana Membangun Desa SMD 2010

  1. hampir semua perguruan tinggi sudah mulai buka, jika belum ada tanyakan ke dekan fakultas/ wakil dekan bidang kemahasiswaan di masing2 provinsi

  2. Bagaimana dengan Fapet Unsoed sudah mulai belum, karena tadi siang katanya belum ada pengumuman, barang kali ada info saya tolong saya dikabari, terimakasih

  3. program yang bagus!!! Tapi persyaratan umum point 3 yang isinya: “Sarjana Peternakan, Dokter Hewan dan D3 yang bergerak dan sudah berusaha dan berbudidaya di bidang Peternakan di kelompok pada Pedesaan yang potensial untuk dikembangkan.” tu agak memberatkan. Saya yakin banyak sarjana peternakan yang mampu menjalankan program ini meskipun belum “berusaha dan berbudidaya di bidang peternakan”. Ya harus dimaklumi, sarjana peternakan gak semuanya punya modal untuk beli sapi sebelum da program ni, justru lewat program ini mau pelihara sapi karena dimodali, tolong dipertimbangkan lagi persyaratan umum nomor 3 tu.

    • sarjana peternakan, dokter hewan dan D3 hanya sebagai manajerial dari klompok. jadi maksudnya yang sudah pernah bergerak dibidang peternakan namun masih dalam skala kecil itulah sasaran pemerintah kepada kelompok di pedesaan mbak zahra

  4. kalo belum sarjana (do), tetapi
    punya pengalaman mengelola perusahaan,
    dan berminat didunia peternakan
    Boleh ikut??? Atau dapat modal dengan
    bunga murah???

  5. kenapa dinas peternakan di kabupaten jombag belum tahu kalau ada program sarjana membangun desa 2010. mereka hanya tahu smd 2009. bagaimana bisa sukses program ketahanan pangan untuk daging bila sosialisai nya tidak sampai ke tingkat II daerah?

  6. di jawa timur universitas mana saja yg melakukan seleksi SMD trimakasih atas infonya karna di UB Malang tidak ada”’

    • kami di papua barat kabupaten manokwari khususnya sanyat antusias dengan program peternakan seperti swasembada daging 2014, namun sepertinya program ini kalah dengan program tanaman pangan padahal jika di tilik lebih dalam maka usaha ternak seperti usaha ternak besar (sapi dan kerbau) merupakan usaha yang sangat menguntungkan namun di manokwari sebagai ibu kota propinsi papua barat belum ada langkah konkrit yang di ambil untuk mensukseskan program sup sektor peternakan. seperti kita ketahui di manokwari ada 30 ribu kebun sawit belum lagi lahan marginal dan ada 24 ribu warga ex transmigrasi dan masyarakat lokal ada ribuan lagi yang merupakan aset yang perlu dikelola untuk mendukung program peternakan ayo maju para peternak sukseskan swasembada daging 2014. by abraham salombe

  7. kami sekarang di Palu lagi menerima calon smd 2010. sebagian proposal sudah masuk dan sekarang lagi menyeleksi berkas calon smd.

  8. Saya di Kabupaten Kebumen.Bagaimana, jika bukan sarjana /diploma peternakan tetapi tertarik untuk mengelola dan melihat adanya potensi di wilayah tersebut untuk mengembangkan peterkan, apakah sekarang sudah terlambat? Kemudian jika si pelaku itu belum berusaha dibidang tersebut. sebab di daerah kami banyak masyarakat yang memiliki kemauan tetapi pengajuan proposal ke kabupaten tidak mendapatkan hasil. Saya dan rekan – rekan karang taruna sudah 2 kali mengajukan, tetapi nihil. Mohon penjelasanya.makasih

  9. 1. Mohon info pengumuman hasil seleksi administrasi SMD NTB
    2. Mohon kepada Bapak dirjen peternakan supaya perekrutan SMD bebas dari unsur KKN dan tidak ada intervensi dari pihak manapun dalam perekrutan.

  10. penerimaan kali ini kok semakin banyak embel-embelnya, tengok saja daerah sulawesi, calon SMD yang lolos seleksi banyak yang bingung gara-gara laporan magang yang menyertakan sertifikat yang formatnya tidak jelas

  11. Kalo bisa SMD ini harus ada nilai pemerataan yang menjadi skala perioritas pada Kecamatan yang belum mendapatkan Program SMD agar Kelompok Tani Ternak termotifasi untuk beternak sesuai dengan konsen usaha kelompok tersebut.

  12. mungkin perlu publikasi lebih banyak lagi agar para sarjana peternakan khususnya dapat mengetahui mengenai SMD ini. Khususnya bagi sarjana yangb ingin kembali membangun peternakan di daerahnya.

  13. Ayo, teman2 calon sarjana peternakan (yang masih di bangku kuliah) kita belajar buat perencanaan (proposal) yang matang biar nanti setelah lulus kita bisa berkontribusi lebih baik lagi dari SMD sebelumnya. Mumpung masih kuliah juga, kita bisa bertanya dan sharing dengan para ahli di fakultas kita. Kesuksesan swasembada dagin 2014 akan tercapai jika semua pihak turut mendukung jalannya program ini.

    http:// acepu08.student.ipb.ac.id

  14. Ping-balik: Mari Membangun Desa…. « MANUSIAWI

  15. Siang,
    Program yang bagus, tapi apakah bisa untuk Sarjana non peternakan, atau ilmu sosial.
    Dan apakah ada pembukaan untuk tahun 2012 lagi.?

    Terima kasih

    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s