Anggaran dan Pola Penyaluran Kredit Usaha Pembibitan Sapi KUPS 2010

Pembibitan SapiTernak Online. Ada tiga pola penyaluran KUPS, yaitu kepada pengusaha skala menengah atas yang bermitra dengan kelompok tani, kepada koperasi yang bermitra dengan kelompok tani, dan kepada kelompok tani.

Untuk mengembangkan sapi potong dan sapi perah, pemerintah meluncurkan KUPS dengan bunga 5 persen per tahun. Selisih antara bunga komersial dan bunga KUPS disubsidi pemerintah. Empat bank ditunjuk untuk melaksanakan program ini, yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, dan Bukopin.

Total anggaran subsidi bunga yang diberikan tahun 2009 sebanyak Rp 145 miliar. Tahun 2010 menjadi Rp 250 miliar. Program KUPS dirancang lima tahun dengan total anggaran untuk subsidi bunga Rp 1 triliun. 20 persen
Menurut Dedi, dengan anggaran subsidi Rp 145 miliar, sapi perah mendapat alokasi 20 persen, yakni sekitar Rp 29 miliar. Program KUPS diharapkan bisa menambah populasi sapi perah sehingga dapat meningkatkan produksi susu.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Zaenal Bachruddin menyatakan, peningkatan produksi susu sangat diperlukan karena hingga kini Indonesia bergantung pada susu impor. Dari 2.3 juta ton kebutuhan susu nasional, 1,8 juta ton dipenuhi dari impor.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Pemprov Jawa Timur mengalokasikan Rp 6 miliar untuk pengembangan sapi perah di Kabupaten Pasuruan. (MAS)
Sumber : Kompas

5 thoughts on “Anggaran dan Pola Penyaluran Kredit Usaha Pembibitan Sapi KUPS 2010

  1. Bpk/ibu yang terhormat, Kredit KUPS di Pacitan belum ada kejelasan. Selama ini saya mengakses kredit paket dari BRI,dengan sistem satu tahun sekali bayar pokok dan bunga, dengan besaran bunga hampir 3%. Untuk mengakses KPPE, saya juga kesulitan, karena plafon hanya 25 jt. Saya mohon solusinya.. Selain itu, saya sangat berkeinginan untuk bekerja sama dengan semua pihak yang berkeinginan untuk maju bersama..

    • Benar mas wahyu… sampai saat ini juga belum ada realisasinya… padahal dio daerah pacitan potensi sekali untuk peternakan..

  2. bapak/ibu yth. Saya dan suami saya baru memulai usaha peternakan dan kami kesulitan dana untuk mengembangkan usaha kami. Walaupun kami telah mendapat kredit dari BNI tapi yang didanai dengan kredit tsb. adalah usaha perdagangan kami. Bagaimana cara kami untuk mendapatkan kredit guna mengembangkan usaha peternakan kami.

    • Coba ajukan kredit ke bank bri terdekat.itu kemarin aku alami.tp begitu aku jelasin di bank bri,bank tersebut sudah mengucurkan dana.tp tetep setoran setiap bulan

  3. Bapak/ibu yang terhormat, saya ingin menanyakan syarat untuk mendapatkan dana KUPS, serta jalur pendaftarannya, karena saya memiliki kelompok tani binaan yang memerlukan kredit bantuan modal usaha tani ternak.

Tinggalkan Balasan

