Peluang Kredit Usaha Pembibitan Sapi KUPS

KUPS . Kenyataan  akhir-akhir  ini menunjukkan  bahwa  impor  sapi,  daging dan  susu  cukup  tinggi,  karena  pasokan  dari  dalam  negeri  masih belum  mencukupi.  Pasokan  daging  sapi  dalam  negeri  untuk kebutuhan  konsumsi  baru  mencapai  sekitar  60  %  dan  pasokan susu  dalam  negeri  baru  mampu  menyediakan  20  %.  Hal  ini disebabkan  oleh  kurangnya  populasi  sapi  potong  dan  sapi  perah yang  tersedia sebagai bibit. Dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan  daging  dan  susu  dalam  negeri  diperlukan  peningkatan produksi melalui penambahan jumlah bibit sapi.

Dengan  didasari  pengalaman  usaha  pembibitan  sapi  yang dilakukan  oleh  peternak masih  berjalan  lambat,  pembibitan  belum banyak  dilakukan  oleh  pelaku  usaha    karena  dianggap  kurang menguntungkan  dan  memerlukan  waktu  yang  lama.  Oleh  karena itu, diperlukan peran pemerintah untuk menciptakan  tatanan  iklim usaha  yang mampu mendorong  pelaku  usaha  untuk    bergerak  di bidang  pembibitan  sapi,    melalui  penyediaan  Skim  Kredit  Usaha Pembibitan  Sapi    dengan    suku  bunga  bersubsidi. Melalui  Kredit Usaha  Pembibitan  Sapi  diharapkan  industri  pembibitan    dan kelompok  pembibitan  akan  tumbuh  dan  berkembang  sehingga terjadi  peningkatan  populasi  sapi  dan  terciptanya  lapangan pekerjaan di masyarakat.

Sasaran  pelaksanaan  usaha  pembibitan  sapi  menggunakan  skim Kredit Usaha Pembibitan Sapi adalah  tersedianya 1  juta ekor sapi induk  dalam  kurun waktu  5  tahun  atau  setiap  tahunnya  sebanyak 200.000 ekor, dilakukan oleh pelaku usaha pembibitan sapi potong dan  sapi  perah  dalam  rangka  penyediaan  bibit  sapi  secara berkelanjutan.  Sapi  tersebut  adalah  sapi  betina  bunting/siap bunting, berasal dari sapi  impor, sapi  turunan  impor dan sapi  lokal.

Pengadaan  sapi  impor  dan  turunannya  untuk  menambah populasi  sapi,  sedangkan    sapi  lokal  untuk  penyelamatan  atau mengurangi  pemotongan  sapi  betina  produktif.  Penggunaan  sapi lokal  dalam  jumlah  terbatas  dan  hanya  pada wilayah  sumber  bibit

sapi lokal dan diutamakan Sapi Bali. Plafon  kredit  per  pelaku  usaha  paling  banyak  Rp. 66.315.000.000,-  (enam puluh enam milyar  tiga  ratus  lima belasjuta  rupiah)  dengan  rincian  sesuai  kebutuhan  indikatif  usaha pembibitan sapi. Jangka Waktu kredit maksimal 6 tahun, dengan bunga 0 % di 2 tahun pertama, dan selanjutnya 5 % ditahun berikutnya.

Sumber : departemen pertanian

10 thoughts on “Peluang Kredit Usaha Pembibitan Sapi KUPS

  1. Saya sangat mendukung dengan program tersebut, apa lagi seperti peternak kecil seperti saya sangat mengaharapkan bantuan kredit dengan bunga ringan dan bimbingan dalam pengelolaannya. Dan saya berharap secepatnyua di realisasikan.

  2. saya sangat berminat sekali ikut program KUPS, kemana saya harus mengajukan permohonan kerjasamanya? apa saja syarat yang harus saya penuhi? ada info, tolong hub saya di ciwong_iwan@yahoo.com atau 0815 7217 5498, 0813 9421 6239
    makasih

  3. Saya lokasi di Karawang, pingin ternak tapi masih bingung pemasarannya pasca panen nantinya. saya udah cari-cari lokasi pemasaran ato setidaknya yang membeli, tp blm ketemu, tidak ada web yang membahas tentang pemasaran ato peluang pasar dan tempat pemasarannya. Karena ujung tombak dari penggemukan dan hasil panennya pasti ke pemasaran. Jika bidang pemasaran tidak pernah di bahas baik oleh pemerintah maupu lembaga yang lain, maka nasib pemberdayaan hasilnya tidak bisa maksimal.
    mohon maaf,
    salam Sukses,
    Ahmad Rekso Buwono

  4. bagaimana sayarat untuk menjadi KUPS, tolong di minformasikan agar kami lebih jelas ! thanks
    ======
    silahkan lihat di halaman berikutnya

  5. apakah KUPS disalurkan melalui kelompok peternak? bagaimana cara mendapatkannya di desa-desa?
    mohon di informasikan..

    Terimakasih,

  6. ajukan kredit ke bank mandiri ,bri atau bank daerah…KUPS,kalau KKP-E enakan di bank mandiri plafond perorang bisa sampai 100 juta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s