Asal Usul Sapi Brahman Cross

Brahman Cross Alias Bx Alias ACC (Australian Comercial Cross)

Brahman Cross Alias Bx Alias ACC (Australian Comercial Cross)

Brahman adalah keturunan sapi Zebu atau Boss indiccus yang berkembang pesat di Amerika Serikat yang beriklim tropis. Sapi ini masuk ke AS pada tahun 1849. Di AS, sapi Brahman dikembangkan untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Setelah berhasil, jenis sapi ini diekspor ke berbagai negara. Dari AS, sapi Brahman menyebar ke Australia dan kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 1974.

Ciri khas sapi Brahman adalah berpunuk besar dan berkulit longgar, gelambir dibawah leher sampai perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Telinga panjang menggantung dan berujung runcing. Sapi ini adalah tipe sapi potong terbaik untuk dikembangkan.

Brahman yang berkembang di Australia dan kemudian di ekspor ke Indonesia pada umumnya disebut Brahman Cross (BX). Jenis sapi ini sudah membawa keturunan sapi Eropa. Antara sapi jantan dan betina mempunyai perbedaan persentase genetik yang dikandungnya.

Brahman Cross jantan mempunyai 87,5% keturunan Brahman dan 12,5% merupakan keturunan sapi Eropa. Sapi ini dicirikan dengan bulunya yang tipis dan berwarna putih atau kelabu. Otot tubuh kompak dan berpunuk. Kepala besar dan tidak beratanduk . Paha besar dan kaki panjang, gelambir mulai dari rahang bawah sampai ujung tulang dada depan tidak terlalu berlipat-lipat. Sapi betina Brahman Cross mempunyai 75% keturunan Brahman dan 25% keturunan sapi Eropa. Kepala besar dan dengan telinga yang lebar menggantung. Otot tubuh tidak begitu kompak seperti sapi jantan yang berpunuk. Sifatnya tahan dengan panas dan tahan terhadap gigitan caplak ataupun nyamuk.

Bobot sapi jantan dewasa maksimum dapat mencapai 800 kg, sedangkan sapi betina 550 kg. Dengan pemeliharaan intensif, pertambahan berat badan sapi jantan dan betina Brahman dewasa dapt mencapai 0.83-1,5 kg/hari. Persentase karkas 48,6-54,2%.

Sumber: Group Ternak Sapi Facebook

7 thoughts on “Asal Usul Sapi Brahman Cross

  1. Saya ingin tanyakan informasi tentang “adakah grafik yang menggambarkan antara berat tubuh sapi brahman cross hubungannya dengan umur mereka?”.kalau ada, tlng kirimkan kepada saya melalui email di atas.. terima kasih..

  2. mas bisa bantu ya, kalo ada yang butuh sapi potong betina bunting jenis BX, bisa hub saya lewat email aja, kebetulan stok banyak nih, terima kasih

  3. ASS SAYA MAW MENJUAL SAPI JENIS SIMMENTAL UMUR 1 TAHUN LOKASI DI KECAMATAN WANGON BANYUMAS BILA ADA YANG BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI SAYA NO TELP 081382312440 TERIMAKASIH UNTUK PEMBUAT SITUS

  4. Ping-balik: Ini blognya Asiyah » sappi perah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s