Pemilihan Bibit Kambing dan Domba (Kado)

Peternakan Domba

Peternakan Domba

Ternak-Online. Menurut Mathius (1989), Apabila kita memelihara ternak dengan bibit yang baik, maka diharapkan akan menghasilkan keturunan yang baik pula. Untuk mendapatkan keturunan ternak yang baik, dapat dilakukan seleksi. Untuk mendapatkan keturunan yang baik , maka pilihlah induk dan pejantan yang baik.

Tanda-tanda umum bentuk luar ternak (eksterior) yang dianggap baik antara lain : 1. Induk a. Bentuk tubuh : kompak, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus, bulu lunakdan mengkilat, tubuh besar tetapi tidak terlalu gemuk. b. Sifat keindukan : Sifat keindukan merupakan petunjuk sifat merawat anak yang baik. Keadaan nidapat ditunjukan dengan penampilan induk yang jinak serta sorot mata yang bersifat ramah. c. Kenormalan kaki : kaki lurus dan tumit tinggi.d. Keadaan gigi : Jumlah gigi yang lengkap akan membantu ternak merumput secara efisien, serta rahang atas dan bawah yang rata.e. Keturunan : Pilihlah induk dari keturunan kembar atau yang beranak kembar, atau induk kelahiran tunggal tetapi berasal dari induk muda.f. Ambing : Pilihlah induk yang ambingnya tidak terlalu menggantung dan bentuknya simetris. Jumlah puting dua buah.

Jantan a. Bentuk tubuh : Pilih yang besar diantara pejantan yang umurnya sama. Dada lebar, relatif panjang, bagian tubuh sebelah belakang lebih besardan lebih tinggi. Jangan pilih yang terlalu gemuk.b. Penampilan : Penampilan gagah, mencerminkan kemampuan untuk menurunkan sifat yang baik pada anaknya.c. Aktif : Pilihlah pejantan yang kelihatan ramah, aktif, dan siap mengawini induk yang birahi (nafsu kawinya besar).d. Keturunan : Pilihlah pejantan dari keturunan kembar.e. Umur : Pilihlah pejantan yang berumur antara 1,5 sampai 3 tahun.

Untuk memberikan penilaian eksterior ternak domba dapat dilakukan dengan memegang ataupun dengan pengamatan. Untuk memilih domba unggul tidaklah mudah, jika dibandingkan dengan ternak sapi, kerbau, dan kambing, karena seluruh tubuhnya tak tertutup bulu tebal seperti halnya domba. Sehingga hal ini menyulitkan penilaian melalui pengamatan.

Menurut Sugeng (1987), Penilaian tubuh dengan mengamatinya saja kiranya belum cukup, karena ada kemungkinan pada bagian tubuh tertentu yang cacat atau tidak memenuhi syarat tidak dapat diketahui. Maka perlu kombinasi antara pengamatan dan dengan cara pemegangan. Dengan cara ini keadaan daging yang padat serta tubuh yang berisi dapat diketahui.

2 thoughts on “Pemilihan Bibit Kambing dan Domba (Kado)

  1. Ass.wr.wb, selamat siang pak, Saya ingin tanya .. apakah memulai usaha ternak domba, sapi dan kambing dpt dilakukan walau hanya dg modal kecil ? dan apakah bisa ternak online membantu memberikan bibit dg cara kami berhutang dahulu, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s