Pangan Nusantara

smart and healthy foods…

Sapi Metal atau Simmental ?

Dikalangan peternak populer dengan nama sapi metal , padahal sapi tersebut bernama asli simmental , bahkan sapi limousin pun salah kaprah disebut sapi metal . Di daerah jawa timur bahkan lebih salah kaprah lagi sapi jenis simmental dan limousin dinamakan sapi brahman ? untuk itu mari kita sejenak memahami ciri dari sapi tersebut agar tak salah kaprah lagi.

Sapi Simmental

Sapi Simmental

Sapi Simmental adalah bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999), berasal dari daerah Simme di negara Switzerland tetapi sekarang berkembang lebih cepat di benua Eropa dan Amerika, merupakan tipe sapi perah dan pedaging, warna bulu coklat kemerahan (merah bata), dibagianmuka dan lutut kebawah serta ujung ekor ber warna putih, sapi jantan dewasanya mampu mencapai berat badan 1150 kg sedang betina dewasanya 800 kg (Anonimus, 2002b).

Sapi Limousin adalah bangsa Bos turus (Talib dan Siregar, 1999),

Sapi Limousin

Sapi Limousin

dikembang-kan pertama di Perancis, merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari Simmental, warna bulu coklat tua kecuali disekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda (Anonimus, 2002b).

Secara genetik, sapi Simmental atau Limousin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi danmetabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur (Anonimus, 2002b) ; sedangkan sapi Ongole adalah tipe sedang yang berasal dari daerah beriklim panas, merupakan sapi tipe kecil sampai sedang sehingga dapat dikembangkan pada kondisi tatalaksana pemeliharaan yang ekstensif (Atmadilaga, 1983).

Sapi SIMPO adalah perkawinan silang antara sapi simmental dan sapi peranakan ongole atau PO. Cirinya tidak bergumba dan tidak bergelambir ; warna bulu merah bata, merah tua atau coklat muda, putih kekuningan dan doreng (loreng hitam, putih, me-rah bata dan coklat). Ciri khas sapi SIMPO adalah ada warna bulu putih berbentuk segitiga diantara kedua tanduknya.

Sapi LIMPO adalah perkawinan antara sapi limousin dan sapi peranakan ongole atau PO. Cirinya berpunuk dan tidak bergelambir ; warna bulunya hanya coklat tua atau kehitaman dan coklat muda.

Sapi Ongole berasal dari India, termasuk bangsa Bos indicus, tipe sapi kerja dan pedaging (Siregar dkk., 2003), disebarkan di Indonesia sebagai sapi Sumba Ongole (SO) melalui grading up dengan induk sapi jawa dihasilkan sapi Peranakan Ongole (Hardjosubroto dan Astuti, 1994). Warna bulu sapi Ongole putih abu-abu de ngan warna hitam disekeliling mata, mempunyai gumba dan gelambir yang besar menggelantung, saat mencapai umur dewasa yang jantan mempunyai berat badan kurang dari 600 kg dan yang betina 450 kg (Atmadilaga, 1983).

About these ads

2 Februari 2010 - Posted by | Artikel, Peluang Usaha Pembibitan Sapi, Promosi Harga Sapi

7 Komentar »

  1. saya pengen memulai usaha ternak sapi, jenis sapi apakah yang mudah dipelihara dan komersial?

    Komentar oleh rd | 6 April 2010 | Balas

  2. mau tanya harga sapi ongole, per kg hidup berapa sampe bandung mas? ada teman saya yang butuh cukup banyak ,.segera,trims!

    Komentar oleh asep | 18 Mei 2010 | Balas

  3. saya butuh sapi simental/limosin bibitan saya di nganjuk jawa timur. tq

    Komentar oleh heru | 7 April 2011 | Balas

  4. saya butuh sapi simental/limousin bibitan saya di nganjuk jawa timur. tq

    Komentar oleh heru | 7 April 2011 | Balas

  5. Tolong beri saya resep jitu cara penggemukan sapi kampung/ jawa.

    Komentar oleh sukir | 16 April 2011 | Balas

  6. salut buat mas yanuar, semoga memicu wirausahawan muda indonesia lainnya.

    Komentar oleh setiyo budi | 5 Mei 2011 | Balas

  7. saya punya lahan 5.000 m2 di daerah ciseeng, apakah dalam penggemukan untuk lahan tersebut berapa ekor sapi yang dpt di ternak , mohon infonya

    Komentar oleh Toin | 29 Oktober 2012 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: