Pangan Nusantara

smart and healthy foods…

Ternak Kambing Domba

Kambing aja bisa tersenyum, masak kita ga bisa?

Kambing aja bisa tersenyum, masak kita ga bisa?

Ternak-Online. Ternak lokal atau asli Indonesia merupakan salah satu kekayaan nasional yang tidak kecil artinya, baik dilihat dari segi sumber pendapatan, sumber protein hewani yang murah dan mudah, maupun sebagai sumber lowongan pekerjaan, mengurangi pengangguran. Banyak diantara ternak lokal atau asli Indonesia yang perkembangannya tidak terlalu menggembirakan, bahkan bila tidak segera ditangani dikhawatirkan mengalami kepunahan. Upaya untuk mempertahankan kelestarian dan kemurnian ternak asli perlu ditangani karena dalam ternak jenis asli mungkin terkandung gen-gen yang belum tentu dimiliki jenis-jenis ternak impor. Salah satu diantara sekian banyak plasma nutfah hewani yang perlu di pertahankan eksistensinya adalah ternak domba, sebagai penghasil daging, kulit, susu, dan wol.

Ternak domba menjadi komponen penting dalam usaha peternakan rakyat dan mempunyai peran strategis bagi kehidupan ekonomi peternak di pedesaan. Sistem usaha peternakan domba di Indonesia secara umum masih bersifat sambilan dari sistem usaha pertanian tanaman pangan. Dari potensi populasi ternak domba di indonesia hampir seluruhnya merupakan peternakan rakyat. Pada sistem ini ditandai dengan biaya produksi yang relatif rendah, kurang berorientasi ekonomi karena hanya merupakan tabungan dan penambal resiko kegagalan cabang usaha tani lainnya, serta bentuk usaha yang bersifat pembibitan dan penggemukan.

Meskipun sampai saat ini ternak saat ini memiliki pasar tersendiri dan permintaan dalam negeri masih dapat dicukupi oleh produk domestik. Akan tetapi peluang ekspor ke kawasan Asean dan Timur Tengah masih terbuka lebar, dan kemungkinan terjadinya lonjakan permintaan untuk keperluan hari-hari besar keagamaan juga sangat besar. Di lain pihak peluang ini juga mendapat ancaman dari serbuan produk dari negara tetangga, maupun kemungkinan “banjir” daging beku dari kawasan bebas penyakit berbahaya, oleh karena itu perlu terus upaya untuk meningkatkan daya saing produk domba, antara lain dengan memperbaiki mutu genetik ternak lokal.

Sumbangan daging domba terhadap jual produksi daging yang berasal dari ruminansia baru mencapai 10% (Rokhman, dkk. 2003), maka pengembangan domba perlu digalakkan sebagai salah satu upaya mengurangi impor daging. Selain itu langkah ini juga harus memperhatikan kondisi peternak kecil yang saat ini mendominasi usaha breeding dan penggemukan domba. Sebagian besar peternak mengandalkan keramahan alam dan lingkungan, sehingga usahanya masih jauh dari sentuhan teknologi. Secara alami berberapa galur lokal mempunyai keistimewaan dalam hal tingkat reproduksi (beranak 3 kali dalam 2 tahun; littersize besar), daya tahan terhadap serangan cacing. Konsumen dalam hal ini jagal dan penjual sate, menginginkan ternak dengan ukuran dan kualitas tertentu (kecil, gemuk dan berdaging empuk) dan setiap daerah memiliki preferensi tertentu (Kombit TN, 2002, cit. Salamena, 2003). Performans atau penampilan individu ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik ditentukan oleh susunan gen di dalam pasangan kromosom yang dimiliki oleh individu dan faktor genetik sudah ada sejak terjadinya pembuahan atau bersatunya sel telur dengan sel sperma. Pengaruh faktor genetik ini dapat diwariskan kepada anak keturunannya. Pemuliabikan domba bertujuan untuk menghasilkan domba bibit yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu genetik populasi domba. Di dalam upaya peningkatan produktifitas ternak melalui perbaikan mutu genetik dapat ditempuh dengan melakukan seleksi, baik dengan bantuan daya produksi maupun melalui pendugaan-pendugaan prestasi produksi dengan pengamatan tubuh dari luar (eksterior). Eksterior merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara-cara pendugaan prestasi produksi (kinerja) seekor ternak dengan pengamatan atau secara visual tubuh ternak (eksterior) sesuai dengan tujuan pemeliharaan (Supiyono, 1998).

About these ads

16 Agustus 2009 - Posted by | Artikel, Promosi Harga Kambing-Domba

2 Komentar »

  1. kamimau penggemukan kambing domba, mau beli anak domba umur 5-6 bulan dimana

    Komentar oleh mahzumi | 17 Februari 2010 | Balas

  2. mas, aq peternak pemula pengen meningkatkan hasil ternak, skrng aq pengemukan domba, yang pengen aq tnykn gmn crx meningkatkn daging domba.

    Komentar oleh anderis | 29 September 2010 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: