Pangan Nusantara

smart and healthy foods…

Penafsiran Umur Ternak Kambing dan Domba

Domba

Domba

Ternak-Online. Menaksir usia domba merupakan salah satu pengetahuan yang harus dikuasai oleh petani-peternak. Besar kecilnya tubuh domba tidak dapat dijadikan patokan. Karena bisa saja domba yang sudah tua tetap kecil badannya karena pemeliharaan yang buruk atau karena penyakit sehingga kelihatan domba muda (Murtidjo, 1993).

Menurut Mathius, dkk. (1989) pada ternak domba ada beberapa cara untuk memperkirakan umur antara lain :

  1. Dengan mencatat tanggal lahir.

Dengan mencatat tanggal lahir maka umur ternak yang bersangkutan dapat diketahui oleh karena itu sebaiknya peternak mencatat tanggal lahir ternaknya pada buku cerpen atau pada dinding kandang untuk mengetahui ternak yang mana yang dicatat tanggal lahirnya ternak yang bersangkutan diberi tanda.

  1. Dengan melihat keadaan gigi seri.

Ternak ruminansia termasuk domba tidak mempunyai gigi taring. Gigi seripun hanya terdapat pada rahang bawah. Sedangkan rahang atas hanyalah berupa bantalan tenunan pengikat yang kuat. Gigi geraham terdapat pada kedua rahang. Jumlah gigi seri ada 4 pasang (8 buah) geraham depan 12 buah dan geraham belakang ada 12 buah. Jadi jumlah gigi domba yang lengkap ada 32 buah. Gigi seri yang tumbuh pada umur muda disebut gigi seri susu. Gigi susu ini kecil dan agak tajam serta tumbuhnya agak renggang satu sama lain. Gigi seri susu ini sifatnya hanya sementara. Karena pada suatu saat akan tanggal (rontok) dan digantikan dengan gigi seri tetap. Pergantian  gigi seri susu dan gigi seri tetap ini yang digunakan untuk menaksir umur ternak. Sedangkan pada ternak tua ditaksir berdasarkan keausan gigi seri ini, berhubungan dengan kondisi pakan. Ternak yang dilepas/diangon, gigi serinya relatif lebih cepat tanggal atau aus dari pada tenrak yang dikandangkan. Menentukan umur ternak domba kurang dari 1 tahun jumlah gigi seri tetap belum ada. Namun memiliki gigi susu. Sepasang gigi tetap (sebanyak 2 buah) umur ternak domba kurang lebih 1 sampai dengan 2 tahun. Dua pasang gigi tetap (4 buah gigi tetap) menandakan umur tersebut 2-3 tahun. Juga pasang gigi tetap (6 buah) berumur 3-4 tahun. Jika ternak memiliki empat pasan ggigi tetap (8 buah) harus berumur 4-5 tahun. Tetapi jika gigi tetap aus dan mulai lepas maka ternak tersebut berumur diatas 5 tahun.

Sumber gambar: kajiankomunikasi.wordpress.com

About these ads

15 Agustus 2009 - Posted by | Artikel, Promosi Harga Kambing-Domba

2 Komentar »

  1. terima kasih atas informasinya. saya baru akan memulai usaha ini insya Allah

    Komentar oleh baikhati | 8 Maret 2010 | Balas

  2. […] « Sebelumnya | Berikutnya » […]

    Ping balik oleh Ilmu Berternak Sapi Unggul « Watupasar's Blog | 11 Maret 2010 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: